Kamis, 15 Januari 2009

Freddy Kanoute



Anda Muslim? Banggakah anda dengan identitas ke-Islam-an anda? Jika tidak, anda harus kagum dan malu pada Freddy Kanoute! Siapa Freddy Kanoute? Bagi para bola mania, Kanoute tentu bukan nama yang asing. Dia adalah tombak tajam Sevilla, salah satu club anggota La Liga (Kompetisi Sepak Bola Divisi Utama Spanyol). Kanoute seorang Muallaf. Dia memiliki kewarganegaraan ganda, yaitu Prancis dan Mali.

Baru-baru ini, ada aksi Kanoute yang membuat saya kagum padanya. Seperti tampak pada foto diatas. Kanoute merayakan gol-nya ke gawang Deportivo La Coruna dalam sebuah pertandingan La Liga, dimana akhirnya Sevilla menang 2-1. Usai mencetak gol, dan sedikit selebrasi dengan rekan-rekan se-tim-nya, Kanoute menyibakkan kostumnya untuk memperlihatkan kaos dalam yang ia kenakan, yang bertuliskan Palestina dalam huruf Latin dan Arab. Menurut Kanoute, aksinya itu adalah bentuk ekspresi dukungannya kepada Rakyat Palestina yang sedang mengalami ketidakadilan atas tindakan biadab Israel. Gara-gara aksinya itu, Kanoute diganjar sanksi denda oleh Federasi Sepakbola Spanyol. Namun, Kanoute menyatakan tidak menyesali tindakannya itu. Dengan tegas Kanoute berkomentar, sebagaimana yang dikutip dari cyber sabili; “Itu adalah sesuatu yang saya rasa harus saya lakukan. Setiap orang mesti menunjukkan rasa ikut bertanggungjawab manakala berlaku ketidakadilan besar seperti itu. Seratus persen saya bertanggungjawab pada apa yang telah saya lakukan dan saya tidak peduli dengan sanksi (denda)”.

Tentu kita patut kagum dan malu pada Kanoute. Sebagian kita kadang tidak bangga atau bahkan malu mengungkapkan identitas ke-Islam-an kita. Sementara, Kanoute yang Muallaf, dengan istiqomah berani memperlihatkan identitasnya sebagai seorang muslim dan dengan lantang berani membela saudara-saudara seimannya di Palestina yang sedang dijadikan target pembantaian oleh yahudi. Dan catat! Kanoute melakukannya ditengah-tengah komunitas non-muslim. Di dalam sebuah stadion di sebuah negara barat sekuler , Spanyol. Aksinya dilihat oleh seluruh dunia, karena publikasi oleh berbagai media di seluruh dunia.

Sikap berani dan istiqoamah Kanoute ini patut kita kagumi. Jika kita berani mengekspose ke-Islam-an kita di sini, di negara yang mayoritas muslim, tentu hal yang wajar dan sudah seharusnya. Kanoute melakukannya di barat sana. Sungguh luar biasa. Kita tentu tahu, betapa barat mengalami Islam Phobia akut. Pernah di salah satu bandara di Amerika, seorang penumpang dicekal hanya karena memakai jaket bertuliskan kata-kata dengan huruf arab.


Aksi membela kaum muslim ini, bukan pertama kalinya dilakukan Kanoute. Sebelumya, sebagaimana juga pernah diberitakan Harian Republika, Kanoute pernah membeli tanah dan bangunan di Kota Sevilla senilai lebih kurang Rp. 7 Milyar dengan uang pribadinya. Tanah dan bangunan itu sebelumnya disewa oleh komunitas muslim di Kota Sevilla dan difungsikan sebagai Mesjid. Tapi kemudian pemiliknya tidak bersedia lagi memperpanjang sewa, yang antara lain karena keberatan bangunan miliknya itu digunakan sebagai Mesjid. Muslim Sevilla pun kehilangan Mesjid tempat beribadah dan menjalin ukhuwah. Untuk penggantinya, tentunya tidak mudah mendapatkan bangunan yang bisa disewa dan difungsikan sebagai Mesjid di Sevilla, sebagaimna juga di kota-kota lain di negara-negara barat sana. Kanoute akhirnya membeli tanah dan bangunan itu, kemudian mehibahkannya kepada komunitas Muslim Sevilla untuk kembali difungsikan sebagai Mesjid.

Demikianlah Freddy Kanoute.. Seorang Muallaf dermawan, pemberani, dan istiqomah.. Pejuang Islam sejati di zaman modern ini.. You're the real Muslim Bro...!!

Tidak ada komentar: